Sebelum Diving, Kursus Dulu

Jakarta -Hobi menyelam bukanlah hobi yang bisa dijalani tanpa persiapan. Tanpa bekal pengetahuan dan kemampuan, hobi yang satu ini bisa berbahaya. Tapi jangan khawatir, sekarang ada banyak tempat kursus menyelam.

Salah satunya adalah Flying Fish Divers. Awalnya Flying Fish Divers merupakan sebuah perkumpulan selam, tetapi mereka juga menyediakan fasilitas kursus bagi yang ingin mendalami diving.


Flying Fish Divers berdiri pada 2 Maret 2011. “Berdirinya klub Flying Fish Divers bermula dari obrolan ringan di kalangan para instruktur selam. Kami bertujuan untuk memasyarakatkan dan memperkenalkan aktivitas selam di tanah air dengan aman, nyaman, dan penuh kegembiraan serta meningkatkan kepedulian terhadap ekosistem bawah laut,” papar Hinantoro, salah seorang instruktur di Flying Fish Divers.


Hinantoro mengatakan saat ini Flying Fish Divers memiliki empat orang instruktur selam. Para instruktur ini telah berpengalaman dan mengantongi sertifikat dari Scuba Schools Internasional dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia.


Jumlah murid di Flying Fish Divers saat ini sekitar 80 orang. “Kebanyakan adalah karyawan. Ada beberapa mahasiswa, bahkan personel militer juga ada,” kata Hinantoro.


Materi kursus selam di Flying Fish Divers dibagi dua, yaitu di kelas dan pengenalan lapangan. Di kelas, peserta kursus diberikan sejumlah materi seperti alat selam dasar, pengetahuan medis dan pertolongan pertama, terumbu karang, ikan-ikan yang berbahaya, dan sebagainya.


Setelah selesai mendapatkan materi di kelas, peserta akan menjalani pengenalan lapangan. Pertama adalah praktik menyelam di kolam. “Kami memiliki fasilitas kolam latih sendiri, tidak bercampur dengan tempat kursus yang lain. Lokasinya di MT Haryono,” kata Hinantoro.Next


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!