Kalangan Pengusaha: Kalau Ada Satu Bank Jatuh, Celaka Ini!

Jakarta -Kalangan pengusaha cukup khawatir dengan kondisi ketidakpastian perekonomian global dalam negeri. Jangan sampai ada sebuah jasa keuangan seperti bank yang kolaps.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan kondisi ekonomi sangat rentan dengan gejolak. Seperti dengan adanya penarikan stimulus oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang membuat nilai tukar langsung melemah.


"Kalau dengan peristiwa seperti ini saya takut ada satu bank kecil saja yang jatuh , ini celaka semua kita ini," ungkap Sofjan di Gedung Permata, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/12/2013).


Menurutnya, Bank Indonesia (BI) telah melakukan pengawasan yang cukup baik terhadap perbankan. Akan tetapi, dengan jumlah ratusan bank yang ada di Indonesia, cukup sulit memastikan keseluruhan bank sehat.


"Ini yang kita khawatir sekali, meskipun tiap hari dicek oleh BI. Ini menandakan ketidapastian dan kekhawatiran bagi pengusaha," ujarnya.


Sofjan mengaku pemerintah akan cukup kewalahan jika nantinya ada sebuah bank bermasalah. "Karena pemerintah tidak ada yang berani satu pun dengan peristiwa Bank Century. Karena kita nggak punya UU yang benar melindungi. Padahal perlu sekali menurut saya," terangnya.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!