Dukung Jokowi-Ahok, Sofjan Wanandi: Harusnya Orang Miskin Disubsidi, Bukan Mobil

Jakarta -Kalangan pengusaha mendukung ide Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Basuki T. Purnama (Ahok) untuk menghapus subsidi BBM di ibu kota.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, harusnya yang diberikan subsidi adalah orang miskin bukan mobil.


"Idenya bagus, saya mendukung karena yang harusnya itu diberi orang yang miskin, jangan mobil yang diberikan subsidi," ungkap Sofjan di Gedung Permata, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/12/2013).


Akan tetapi, menurut Sofjan, itu tidak bisa dilakukan oleh Ahok sendiri. Ia tetap harus bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk realisasikan kebijakan tersebut. Karena kebijakan subsidi diatur oleh pemerintah pusat.


"Mekanismenya itu yang harus dibicarakan," sebutnya.


Apalagi dalam pelaksanaan, menurut Sofjan, ada berbagai dampak yang ditimbulkan. Seperti pembelian subsidi BBM yang tertuju pada wilayah di sekitar Jakarta. Seperti Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Bogor.


"Tapi DKI nggak bisa sendiri, orang saja bisa belanja di Bekasi dan Depok. Kan ini nggak bisa buat DKI saja , jadi kan mobil itu berjalan," papar Sofjan.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!