Jokowi Ingin Nimbrung di Proyek 'New Tanjung Priok'

Jakarta -Pemprov DKI berencana ikut berinvestasi di proyek Pelabuhan Kali Baru atau 'New Tanjung Priok', Jakarta Utara. Tujuan investasi untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) Jakarta.

"Pelabuhan ini ada di wilayah DKI, ya kalau kita ikut dikit-dikit boleh dong. Kita sudah bicarakan supaya DKI mendapatkan sedikit dari pelabuhan ini. Arahnya untuk mendongkrak pendapatan daerah. Tapi pasti mendongkrak," kata Jokowi di atas kapal Pandu Pelindo, Jakarta Utara, Kamis (19/12/2013).


Jokowi mengaku telah berbicara dengan Dirut Pelindo II JR Lino terkait rencana investasi tersebut. Ia masih merinci soal anggaran dan jumlah investasi yang akan digelontorkan Pemda DKI Jakarta.


"Dananya dari APBD. Kita belum tahu berapa triliun, masih kita hitung," terangnya.


Investasi ini akan digelontorkan pada pembangunan pelabuhan Kali Baru, Tanjung Priok. Selain itu, adanya investasi ini membuat pemprov DKI bisa punya wewenang untuk mengontrol pengelolaan New Tanjung Priok.


"Yang penting ada share kita di pelabuhan. Jadi pergerakan di sini kita tahu. Mau ekspansi, mau perluas, kita ngerti semuanya," ungkapnya.


'New Tanjung Priok' dimulai pembangunannya pada 22 Maret 2013, yang dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam acara groundbreaking.Next


(bil/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!