Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Saham Saat IHSG Turun?

Jakarta -Sejak awal hingga pertengahan 2013 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat menyentuh rekor tertingginya sepanjang masa. Tetapi kemudian turun secara signifikan dan membuat pertumbuhannya negatif.

Para investor reksa dana saham pasti mengamati bahwa harga per unit penyertaan pun turun. Dalam reksa dana, harga per unit penyertaan dikenal juga sebagai Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit, yang dihitung secara harian oleh Bank Kustodian, dan dipublikasikan di berbagai media.


Sebelum pusing memikirkan untung ruginya berinvestasi pada reksa dana saham, mari kita mundur sebentar dan pikirkan dulu. Saat mulai berinvestasi, apa ya tujuan investasinya?


Apakah untuk renovasi rumah, membeli mobil, berlibur, dana pendidikan atau pun dana pensiun? Atau sekadar hanya untuk keranjang tempat dana menganggur dengan tujuan akumulasi nilai aset sampai setinggi-tingginya?


Berikut pemaparan Perencana Keuangan ZAP Finance Fitri Oktaviani mencoba memberi pandangannya seperti dikutip detikFinance dari situs resminya, Jumat (31/1/2014).


Tujuan-tujuan itu sangat terkait dengan jangka waktu berinvestasi dan tingkat risiko yang bisa diambil dalam penentuan jenis investasi. Tujuan jangka pendek kurang dari 1 tahun tentu saja tidak direkomendasikan untuk menggunakan produk reksa dana saham.


Dengan adanya komponen saham pada portfolionya, pada umumnya pergerakan reksa dana saham atau campuran mengikuti arah pergerakan IHSG. IHSG merupakan indikator pergerakan saham yang mencakup seluruh saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Dalam keadaan saat ini, di mana harga (hampir semua) saham turun, otomatis IHSG pun turun nilainya. Per 27 Agustus 2013 IHSG mencapai 3967. Sekadar informasi, per 1 Maret 2013 IHSG ada pada nilai 4970. Dengan penurunan IHSG yang mencapai 20% dalam 5 bulan, reksa dana saham pun mencatatkan return atau hasil yang negatif.Next


(drk/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!