SBY Minta Gita Tetap Bekerja Sebagai Mendag Sampai Ada Pengganti

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut positif pengunduran diri Gita Wirjawan dari posisinya sebagai Menteri Perdagangan. Tapi SBY minta Gita tidak buru-buru meninggalkan kewajibannya.

SBY ingin Gita masih melaksanakan tugasnya untuk sementara sampai SBY memegang nama calon penggantin menteri perdagangan.


"Meski pengunduran diri Pak Gita pada 31 Januari 2014 Namun beliau masih diminta oleh presiden untuk laksanakan tugas sampai ditunjuk pengganti definitif yang ditetapkan presiden," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi saat jumpa pers di kantor Presiden RI, Jakarta Pusat, Sabtu (1/2/2014).


Dalam waktu dekat, kata Sudi, Presiden SBY akan mengumumkan secara resmi pengunduran diri pria yang piawai bermain piano tersebut. Pengumuman itu akan dibarengi dengan diungkapkannya nama pengganti Gita sebagai menteri perdagangan yang baru.


"Presiden sangat paham apa yang menjadi tugas Mendag. Tugas Mendag harus diselesaikan. Itu harus diselesaikan dulu terutama persoalan yang penting terkait persoalan internasional," jelasnya.


"Pengganti kita harapkan secepat mungkin. Mungkin beliau (presiden) konsultasi dulu dengan bapak Wapres (Boediono)," tambahnya.


Seperti diketahui, Gita baru saja mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan karena ingin fokus mengikut konvensi calon presiden Partai Demokrat. Gita sudah ingin mundur sejak Oktober 2013 lalu, namun Presiden SBY baru menyetujui mundurnya Gita kemarin.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!