Mentan Suswono: Siapa di Balik Impor Beras Ilegal?

Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meminta kasus temuan beras impor asal Vietnam di Pasar Cipinang, Jakarta diusut tuntas. Menurutnya beras tersebut jelas-jelas ilegal alias diselundupkan.

"Saya minta diusut tuntas, agar diketahui siapa di balik impor beras ilegal itu," kata Suswono di Jakarta, Rabu (29/1/2014)


Ia menjelaskan kementeriannya tidak pernah mengeluarkan rekomendasi impor beras jenis medium dari Vietnam. Ia telah mengirimkan surat kepada Menteri Perdagangan Gita Wirjawan guna meminta klarifikasi rembesan beras impor asal Vietnam.


Suswono menegaskan kementeriannya tidak pernah mengeluarkan rekomendasi untuk mengimpor beras jenis medium karena stok cukup bahkan surplus di dalam negeri.


"Produksi beras kita surplus 5 juta ton tahun 2013. Dalam banyak kesempatan saya selalu bicara tahun ini tidak ada alasan untuk impor beras. Bulog juga punya stok hingga 2 juta ton akhir tahun lalu," katanya.


Ia mengakui sempat mengeluarkan izin rekomendasi impor untuk beras jenis khusus yang peredarannya tertutup. Beras jenis khusus ini adalah beras ketan, menir, beras untuk penderita diabetes, dan beras kebutuhan restoran tertentu.


"Beras jenis khusus ini jumlahnya impornya pun sangat terbatas, karena konsumennya juga terbatas," jelasnya.Next


(rvk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!