Dari Target 4 Juta, Baru 240.000 Kendaraan di Jakarta Pasang RFID

Jakarta -PT Pertamina (Persero) sedang mempersiapkan sistem monitoring dan pengendalian (SMP) BBM subsidi, dengan memasang RFID di SPBU dan kendaraan pribadi di DKI Jakarta.

PT Inti (Persero) yang bertugas memasang 100 juta unit RFID di kendaraan pribadi, angkot, truk, bus, dan sepeda motor di seluruh Indonesia. Saat ini baru terpasang 240.000 RFID di Jakarta saja.


"Hingga akhir Januari ini, sudah terpasang 240.000 lebih RFID di kendaraan masyarakat di Jakarta," ujar Manager SMPBBM PT Inti, Andi Nugroho kepada detikFinance, Jumat (31/1/2014).


Andi mengakui, walau sudah membuka posko pemasangan RFID baik itu di SPBU maupun di pusat perbelanjaan, pemasangan RFID masih jauh dari target pemasangan RFID di Jakarta yakni sebanyak 4 juta lebih. Apalagi cuaca buruk dan banjir sepanjang awal tahun ini juga menghambat program pemasangan RFID.


"Kami memahami banyak masyarakat terkendala banjir dan cuaca buruk, sehingga sedikit kesulitan untuk menuju posko pemasangan RFID," katanya.


Agar masyarakat tetap banyak yang memasang RFID di kendaraannya ditengah cuaca buruk dan banjir saat ini, PT Inti melakukan berbagai macam cara.


"Untuk meningkatkan pemasangan kami akan melakukan 3 hal, yaitu memperbanyak posko pemasangan RFID di ruang publik, mensosialisasikan pemasangan secara kolektif kepada masyarakat dan juga menyempurnakan sistem registrasi full online agar di posko segera dapat dipasangkan RFID," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!