Mau Tahu Jalur Kereta Super Cepat Jakarta-Bandung? Ini Rutenya

Jakarta -Rencana proyek kereta super cepat alias Shinkansen Jakarta-Bandung ditargetkan selesai pada tahun 2020. Pihak investor, Japan International Cooperation Agency (JICA) merancang rute kereta ini menghubungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta dengan Gedebage di Bandung.

"Stasiun Shinkansen direncanakan berlokasi di kawasan Dukuh Atas yang memiliki akses tepat di tengah kota. Sedangkan di Bandung direncanakan di kawasan Gedebage," kata Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy S Priatna usai rapat di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/1/2014)


Selain dua stadion tadi, ada juga tiga stasiun pemberhentian, yaitu Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang dan Stasiun Karawang, Jawa Barat. Alasannya karena tiga kawasan tersebut merupakan area industri yang memungkinkan banyak penumpang.


"Jadi ada stasiun pemberhentian juga sebelum menuju Bandung," sebutnya.


Dedy juga mengatakan jalur kereta super cepat ini juga akan terkoneksi dengan rencana bandara baru di Karawang yang kini masih tahap perencanaan.


"Kan ada Bandara Karawang, iya itu bisa saja terhubung," kata Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan pengembangan daerah Lucky Eko Wuryanto di tempat yang sama.


Ia menambahkan Shinkansen Jakarta-Bandung juga akan terhubung dengan transportasi massal di Jakarta. Misalnya akan terkoneksi dengan jaringan Mass Rapid Transit (MRT), Monorel, dan kereta ekspres Bandara Soekarno-Hatta yang bertemu di titik Stasiun Dukuh Atas.


"Iya itu kan bisa terintegrasi dengan moda transportasi di ibukota. Seperti MRT, Monorel, kemudian kereta Bandara. Itu kan sedang dibangun. Semoga pada 2020 semua selesai," paparnya.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!