MS Hidayat Sebut Gita Sudah Minta Mundur Sejak Oktober 2013

Jakarta -Keinginan Gita Wirjawan untuk mundur sebagai Menteri Perdagangan dinyatakan sejak Oktober 2013 lalu. Namun Presiden SBY baru menyetujui mundurnya Gita sekarang.

Siang tadi, Gita mengatakan dirinya efektif mundur sebagai Menteri Perdagangan pada 1 Februari 2014.


"Sebetulnya sudah sejak Oktober lalu Gita menyampaikan maksudnya untuk mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat kepada detikFinance, Jumat (31/1/2014).


Hidayat mengatakan, tujuan Gita mundur dari Menteri Perdagangan karena tidak ingin ada konflik kepentingan, dan ingin fokus mengikuti konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.


"Alasannya menghindari conflict of interest, karena dia ingin fokus mengikuti konvensi Capres Partai Demokrat," ucapnya.


Hidayat menambahkan, surat permohonan diri sebagai Menteri Perdagangan tersebut sudah diajukan ke Presiden SBY, dan SBY pun memahami alasan pengunduran diri tersebut.


"Tapi baru minggu lalu dalam kesempatan bertemu presiden, dia mengajukan surat permohonan pengunduran diri, dan presiden memahaminya. Tadinya presiden akan merespons resmi dalam beberapa hari ke depan," tutup Hidayat.


Selain itu, Hidayat juga menyampaikan kesannya terhadap Gita saat menjadi Menteri Perdagangan.


"Baru seminggu jadi Mendag, dia (Gita) mengajak saya untuk menghentikan ekspor rotan mentah dan menggalakkan industrialisasi hilirisasi produk rotan, dan sekarang ekspor meningkat pesat. Juga undang-undang perdagangan yang tinggal menunggu pengesahan DPR," jelas Hidayat.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!