Semesta Indovest: IHSG Merespons Pelemahan Wall Street

Jakarta -Bursa Wallstreet ditutup melemah tajam pada perdagangan jumat dengan indeks Dow Jones turun 318,24 poin atau 1,96%, S&P 500 turun 2,09%, dan Nasdaq turun 2,15%. Pelemahan indeks dipicu oleh kekhawatiran pada keluarnya investor di sejumlah emerging market seperti Turki dan Argentina menyusul terus melemahnya nilai tukar mata uang Negara tersebut terhadap US Dollar. Pelemahan Dow Jones kali ini merupakan yang teburuk sejak November 2011.

Bursa eropa ditutup melemah terimbas aksi jual mata uang Negara emerging market (EM) menimbulkan kekhawatiran keluarnya investor pada Negara EM tersebut. Indeks FTSE turun 1,62%, CAC turun 2,79%, DAX turun 2,48%.


Bursa Indonesia hari ini diperkirakan akan bergerak melemah merespons anjloknya bursa Wall Street pada akhir pekan. Kondisi IHSG yang juga sudah overbought turut menguatkan peluang koreksi pada hari ini. Indeks EIDO turun 3,99%. Namun investor diharapkan tidak panic karena fundamental domestic masih cukup baik. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain AALI, ADRO, BBNI, GIAA, SIMP.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!