Tarif Kereta Super Cepat Jakarta-Bandung Rp 200 Ribu

Jakarta -Kereta cepat Jakarta-Bandung sudah dimulai pembangunannya dan ditargetkan selesai pada tahun 2020. Perencanaan proyek ini melibatkan Japan Internasional Consultan of Transportation (JICA). Stasiun kereta berlokasi di Dukuh Atas (Jakarta)-Gedebage (Bandung).

Kecepatan kereta tersebut mencapai 300 km/jam, dengan waktu tempuh 37 menit. Lalu berapa tarifnya?


Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Perekonomian Lucky Eko mengatakan, hasil kajian sementara, tarif yang layak adalah Rp 200 ribu. Ini meliputi satu orang untuk satu kali perjalanan.


"Kalau dari kajian sementara kan tarifnya itu Rp 200 ribu per orang," ungkapnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/1/2014)


Lucky menuturkan, saat proses feasibility study atau studi kelayakan berlangsung, nantinya juga sekaligus diadakan survei harga. Penerapan harga menurutnya harus disesuaikan dengan target konsumen, daya beli masyarakat dan tiket transportasi lainnya.


"Nanti akan dibuat semacam survei harga. Itu harus disesuaikan dengan bus dan KA biasa," ujarnya.


Lucky menjelaskan, sebenarnya pendapatan operator nanti bisa berasal dari tarif dan non tarif. Non tarif seperti memanfaatkan opsi sewa iklan dan sejenisnya. Itu pun bisa menutupi harga tiket agar tidak terlau mahal.Next


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!