Wacana Baru Lagi: Ada Puasa Senin-Kamis BBM Subsidi

Jakarta -Banyak wacana dilontarkan pemerintah untuk melakukan pengendalian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Wacana itu mulai dari pembelian BBM subsidi secara non tunai sampai dengan Radio Frequency Identification (RFID).

Sekarang muncul lagi wacana baru dari Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, yakni ada puasa konsumsi BBM subsidi pada Senin-Kamis.


"Sebenarnya ini ide dan impian saya, kalau bisa ada puasa konsumsi BBM subsidi, seperti orang puasa Senin-Kamis," kata Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (14/4/2014).


Susilo mengungkapkan, artinya pada Senin dan Kamis tidak ada SPBU yang melayani penjualan BBM subsidi, semuanya non subsidi.


"Jika itu dilakukan maka dalam seminggu negara dapat menghemat Rp 1,1 triliun, sebulan Rp 4,4 triliun atau setahun Rp 50 triliun. Dengan penghematan sebesar itu tentu bisa membangun apa saja," katanya.


Susilo mengatakan, pemerintah bukannya hanya melempar wacana saja, tentu semua wacana tersebut sudah dipikirkan matang-matang, namun banyak kendalanya di lapangan.


"Tapi kalau yang ini, ini ya usulan saya, bolehlah saya ngasih usulan, suatu saat impian saya ada puasa BBM subsidi Senin-Kamis. Karena hal seperti ini harus kita lakukan yakni konsumsi BBM subsidi harus dapat dikurangi dengan berbagai macam cara," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!