SoleXchange, Bursa Tempat Berburu Sepatu Langka

New York -Sepatu menjadi komoditas yang penting bagi anak muda zaman sekarang. Pehobi sneakers bahkan rela mengeluarkan uang banyak demi sepatu yang tidak dirilis dalam jumlah banyak alias limited edition.

"Berapa harga yang kamu mau untuk sepatu ini," kata John Leonardo dalam sebuah acara jual-beli sepatu di New Jersey.


"Berapa tawaranmu?" kata orang di depannya.


Begitulah kira-kira situasi tawar menawar yang dilakukan John, bocah berumur 13 tahun, yang sudah berhasil menjual dan menukar 20 pasang sepatu basket miliknya. Ia pun berhasil mendapatkan 7 pasang sepatu baru, padahal awalnya ia hanya membawa 3 pasang sepatu saja.


Nilai koleksi sepatu langka miliknya itu pun melonjak dari hanya US$ 340 (Rp 3,4 juta) menjadi US$ 1.155 (Rp 11,5 juta) hanya dalam waktu singkat.


Kolektor lain di acara tersebut adalah, Jake White, yang punya sekitar 81 pasang sepatu. Bocah berumur 14 tahun ini memang berasal dari keluarga kaya.


Ia memprediksi orang tuanya sudah menghabiskan US$ 11.000 (Rp 110 juta) untuk koleksinya itu. Tapi jangan dianggap ini pemborosan, karena jika seluruh koleksinya dijual bisa bernilai hingga US$ 20.000 (Rp 200 juta).Next


(ang/mkl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!