Tinggal di Gang Sempit, Ini Cara Pak Raden Mengisi Usia Senja

Jakarta -Pada era 1980-1990an, siapa yang tak kenal dengan tokoh Si Uyil. Tokoh boneka ini tampil di layar kaca dan selalu ditungu-tunggu.

Si Unyil merupakan tokoh boneka yang mencerminkan karakter wajah orang Indonesia. Karakter ini diciptakan oleh Drs Suyadi atau yang akrab dipanggil Pak Raden.


Setelah beberapa tahun, karakter Si Unyil naik turun di layar kaca Indonesia. Begitu juga dengan kehidupan kreatornya. Di usia 82 tahun, Pak Raden hidup dengan penuh kesederhanaan di kediamannya di sebuah gang sempit Jalan Petamburan III, Keluruhan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.


Pak Raden tinggal sendirian. Untuk mengisi kesibukan, sehari-hari Pak Raden menorehkan kuas di kertas kanvas. Di kediaman dan ruang kerja, berbagai model lukisan Pak Raden menghiasi dinding.


"Kesibukan sekarang corat-coret. Juga bikin buku anak, tapi ada gambarnya," kata Pak Raden di kediamannya, Kamis (17/4/2014).


Pak Raden sempat menceritakan tentang salah satu lukisannya yakni yang bercerita tentang tokoh pewayangan. "Itu lukisan paling tua, insiprasinya sudah lama. Saya dapat inspirasi dari wayang orang di Surabaya," katanya.


Dari hasil lukisannya lah, Pak Raden bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini diakui oleh Nanang, pria yang sudah 30 tahun ikut dengan Pak Raden, mulai dari masa jaya hingga usia senja.Next


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!