Jabar Jadi Provinsi Pelopor Obligasi Daerah

Jakarta -Penerbitan obligasi daerah oleh pemerintah provinsi (pemprov) masih belum berkembang di Indonesia. Padahal obligasi daerah bisa menjadi salah satu sumber pembiayaan untuk proyek infrastruktur.

Di Indonesia, Jawa Barat (Jabar) bakal menjadi provinsi yang mempelopori penerbitan obligasi daerah.


Head of Information Management and Issuer Development Division Bursa Efek Indonesia (BEI) Saptono Adi Junarso mengatakan, saat ini Jabar tengah mempersiapkan penerbitan obligasi. Tahun depan, diharapkan sudah mulai diterbitkan.


"Sampai saat ini ada pemda provinsi Jabar akan menjadi pelopor obligasi daerah. Insya Allah 2015 sudah meluncur ke pasar," katanya di acara Apkasi Infrastructure Forum di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (16/4/2014).


Dikatakan Saptono, pemerintah provinsi Jabar menerbitkan obligasi tersebut untuk membangun proyek infrastruktur yang tengah dikembangkan. Salah atunya adalah untuk pembangunan Bandara Internasional Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat.


"Tujuan ini nantinya akan digunakan untuk membangun infrastruktur berupa bandara, kota pendukung bandara, dan jalan tol yang menghubungkan bandara dan kota-kota terdekat di sekitarnya," katanya.


Saptono tidak menyebut berapa besar nilai obligasi yang diincar oleh pemprov Jabar. Ia juga enggan menyebut jangka waktu pelunasan surat utang ini.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!