Jadi Pialang Sepatu, Bisa Untung Sampai Rp 200 Juta Sehari

Jakarta -Tak hanya saham, kini sudah ada juga bursa benda seni dan yang terhangat adalah bursa sepatu. Ada sebuah tempat, layaknya lantai bursa, untuk jual-beli sepatu langka alias limited edition.

Memangnya bisa untung berapa dari jual-beli sepatu? Memang tidak terlalu besar seperti jual-beli saham blue chip, tapi untungnya lumayan juga kok, sekitar US$ 300-800 (Rp 3-8 juta) per hari.


Bursa sepatu ini namanya SoleXChange, sebuah konsep perdagangan sepatu yang dikembangkan layaknya bursa saham atau komoditas oleh pria bernama Joseph Diorio.


Menurutnya, dengan biaya masuk US$ 25 (Rp 250.000), partisipan bisa masuk dan menjual hingga maksimal 5 pasang sepatu di acara yang digelar setiap pekan ini.


Meski cuma diperkenakan trading hingga lima sepatu saja, tapi biasanya keuntungan yang diraup cukup besar, berkisar antara US$ 300-800 (Rp 3-8 juta).


Jika ingin lebih untung lagi, buka stand saja dengan membayar US$ 125 (Rp 1,25 juta). Keuntungannya diperkirakan sekitar US$ 2.000-4.000 (Rp 20-40 juta) dalam sehari. Rekornya ada yang pernah untung US$ 20.000 (Rp 200 juta).


Para pialang sepatu ini rata-rata remaja laki-laki. Umur boleh muda, tapi koleksi sepatunya bisa membuat orang terkagum-kagum. Mereka mondar-mandir di lantai perdagangan sambil membawa-bawa kotak berisi sepatu layaknya pengantar pizza.


Ada juga yang membuka stand dan memajang aneka sepatu langka sambil menunggu calon pembeli yang berminat. Para remaja ini akhirnya bisa belajar seni tawar-menawar barang sejak dini sambil memperluas jaringan di acara tersebut.


"Anak-anak ini bisa berdagang 10-12 pasang sepatu dalam sehari, tanpa sadar nilai koleksinya bisa meningkat hingga US$ 2.000 (Rp 20 juta). Sungguh menakjubkan melihatnya langsung seperti ini," kata pemilik toko sepatu Nike paling terkenal di New Jersey bernama Sneaker Room, Suraj Kaufman, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (18/4/2014).


(ang/mkl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!