Orang Thailand Paling Sering Beri Tip di Restoran, Bagaimana dengan RI?

Jakarta -Thailand jadi negara yang masyarakatnya paling dermawan memberikan uang tip saat makan di restoran. Negara gajah putih ini menjadi 'The Nation Top Tippers 2014', mengambil alih posisi Bangladesh yang sebelumnya menjadi yang teratas.

Demikian penelitian yang dilakukan oleh MasterCard di 16 negara Asia Pasifik dalam keterangannya, Sabtu (19/4/2104).


Adapun penelitian ini dilakukan pada Oktober-November 2013 dengan 7.932 responden berumur 18.64 tahun di 14 negara Asia Pasifik.


Pada survei, rata-rata di kawasan Asia Pasifik, 4 dari 10 konsumen terbiasa memberikan uang tip setelah makan di restoran. Sementara di Thailand sendiri memberikan uang tip merupakan suatu hal yang umum dilakukan. Hal tersebut dapat dilihat dari 8 di antara 10 konsumen Thailand selalu memberikan uang tip setelah menikmati santapan mereka.


Sementara itu, hampir seluruh negara mengalami penurunan. Konsumen Bangladesh tahun ini lebih hati-hati dengan pengeluarannya, setelah sebelumnya menjadi negara yang paling dermawan dengan 88% pada survei sebelumnya, kini mereka bertengger di peringkat kedua dengan 80%.


Hal tersebut juga terjadi di Indonesia. Secara umum masyarakat Indonesia makin hati-hati dalam memberikan uang tip di mana terjadi penurunan sebesar 7% dibanding tahun sebelumnya. Indonesia menempati urutan delapan dalam survei ini, di mana terdapat 33% dari konsumennya terbiasa memberikan tip.


"Dari semua penelitian MasterCard, survei seperti ini tentunya akan memberikan pengetahuan yang bagus mengenai tindakan yang diterima oleh masyarakat setempat, dengan demikian para turis dan orang asing akan terbantu untuk menempatkan diri mereka," kata Georgette Tan, group head, Communications, Asia/Pacific, Middle East and Africe, MasterCard dalam keterangannya.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!