Pelabuhan 'New Tanjung Priok', Proyek Istimewa di Atas Laut Jakarta

Jakarta -PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) terus mengembangkan fasilitas di wilayah Jakarta Utara, karena Pelabuhan Tanjung Priok sudah padat. Proyek yang dikembangkan adalah pelabuhan Kaibaru atau 'The New Tanjung Priok' yang terminalnya dibangun di atas laut.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengatakan, proyek pelabuhan ini sangat istimewa.


"Ini nggak boleh disetop. Ini unstopable karena sudah ada komitmen. Ini proyek sangat istimewa," kata Lino di Hotel Hyatt, Jakarta, Sabtu (19/4/2014).


Lino menegaskan, 'New Tanjung Priok' merupakan proyek pelabuhan yang sangat dinanti para pengguna dan pelaku usaha logistik nasional dan dunia. Sehingga secara bisnis menguntungkan untuk dikembangkan.


"Anda bisa lihat proyek lain nggak ada yang sebagus ini. Ini hebat sekali offer-nya. Ini belum bangun sudah dikasih uang muka. Biasanya jadi dulu terus sebagian dari pendapatan, uang muka dan sewa," jelasnya.


'New Tanjung Priok' fase I mulai dioperasikan pada akhir 2014, meskipun proses kontruksi masih berjalan. Terminal 'New Tanjung Priok' tahap I terdiri dari tiga terminal kontainer yang masing-masing memiliki kapasitas 1,5 juta TEUs serta dua Terminal Product.


Pembangunan tahap I ini diperkirakan akan selesai di 2018 dengan tambahan kapasitas sebesar 4,5 juta TEUs. Untuk pengembangan, pembiayaan, dan pengoperasian, 'New Tanjung Priok' tahap I menggandeng investor asal Jepang yakni Mitsui & co, Ltd.


Setelah fase I hampir beroperasi, Pelindo II akan melakukan tender internasional untuk pengelolaan dan pengembangan terminal 2 dan 3 pelabuhan tersebut.


"Ini kan baru terminal 1. Terminal 2 dan 3 akan kita tender lagi dalam 3-4 bulan. Jadi caranya bertahap. Tapi sudah ada grand plan. Makanya saya iklankan di koran besar-besar supaya orang tahu ada fasilitas yang jadi. Orang mau investasi di Indonesia dan tahu ada fasilitas yang jadi," tegasnya.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!