Pegawai BTN yang Demo Datang dari Seluruh Kantor Cabang di Indonesia

Jakarta -Seribuan para perwakilan pegawai PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) yang hari ini demo di kantor Pusat BTN, Jakarta Pusat, berasal dari berbagai kantor cabang di seluruh Indonesia. Mereka datang jauh-jauh ke Jakarta untuk menolak rencana akuisisi BTN oleh Bank Bank Mandiri.

Salah satu panitia aksi bernama Raby mengungkapkan, para peserta yang melakukan aksi hari ini datang tak hanya dari wilayah Jabodetabek tetapi dari luar Pulau Jawa.


"Kita kumpulkan target 1.000 pegawai, diharapkan nanti bisa sampai 1.000 orang terdiri dari seluruh Indonesia kumpul di sini, ada dari Jawa Tengah, ada dari Solo, ada yang dari Sumatera, Sulawesi, Jambi, dan Jabodetabek," kata Raby disela-sela aksi demo di kantor Pusat BTN, Minggu (20/4/2014)


Raby menegaskan pihaknya akan terus melakukan demo sampai aspirasi mereka dipenuhi oleh pemerintah. Rencananya pekan depan mereka akan melakukan aksi yang sama.


"Ini rencananya akan berlanjut nanti di minggu depan akan ada aksi lagi," katanya.


Sebagai bentuk protes rencana akuisisi BTN oleh Bank Mandiri, hari ini Minggu 20 April 2014, ada deklarasi setia kepada BTN yang dilakukan oleh 1.000 anggota serikat pekerja, di Menara BTN, Jakarta Pusat.


Pemerintah memiliki 60,14% saham di BTN. Untuk melakukan pelepasan saham pemerintah di BTN, skema yang bisa dilakukan yakni melalui strategic sales atau penjualan langsung.


Terkait rencana akuisisi ini, Kementerian BUMN harus memperoleh restu dari komite privatisasi yang diketuai Menteri Koordinator Perekonomian dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelah memperoleh lampu hijau, selanjutnya dikeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai landasan hukumnya.


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!