BPS: Mayoritas Orang Indonesia Hidup Bahagia

Jakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) merilis indeks kebahagian masyarakat Indonesia pada tahun 2013. Hasil survey menyebutkan orang Indonesia bahagia dalam menjalani kehidupannya dengan poin 65,11%.

"Secara nasional, orang Indonesia masuk dalam kategori bahagia dalam hidupnya," kata Kepala BPS Suryamin dalam paparan indeks kebahagian dan ketimpangan bersama pemimpin redaksi media di Hotel Sultan, Jakarta, seperti dikutip, Rabu (16/4/2014) malam.


Dalam pengukuran survey tersebut, dari 0-25% dikategorikan sebagai tidak bahagia, 25-50% kurang bahagia, 50-75% bahagia dan 75-100% sangat bahagia. Tingkat kebahagian orang Indonesia berada pada kategori 50-75%, yang artinya adalah bahagia. Meskipun mendekati kurang bahagia.


"Memang kalau melihat persentasinya itu kita berada pada bagian tengah yang berarti bahagia, tapi tipis di atas kurang bahagia," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS Kecuk Suharyanto menambahkan indikator dari kebahagiaan dari tiga dimensi. Yaitu personal, sosial dan lingkungan.


Dari sisi personal, itu ada beberapa komponen di dalamnya, yaitu pendapatan, tingkatan pekerjaan dan kondisi rumah dan aset yang dimiliki. Ketiga komponen ini memberikan andil cukup besar dalam kebahagiaan.


"Kalau pendapatan kan idealnya semakin besar itu menunjukkan semakin bahagia, tingkatan pekerjaan terkait dengan jabatan dan level yang sudah diraih dan kondisi rumah dan aset adalah berapa banyak yang dimiliki," ungkap Kecuk.Next


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!