CT: Ramadan dan Lebaran, Harga Pangan Stabil

Jakarta -Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengapresiasi kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan Kementerian Perdagangan dalam menjaga harga kebutuhan pokok. Hasilnya, pada Ramadan hingga jelang Idul Fitri tahun ini harga kebutuhan pokok relatif stabil.

"Alhamdulillah, dalam rangka Ramadan dan lebaran tahun ini stabilitas harga relatif baik, sangat stabil. Ini berkat kerja sama yang sangat baik dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan," ucap CT di acara Promoosi dan Pasar Produk Pertanian Segar dan Olahan di Gedung Eks RS Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (24/7/2014).


Dengan stabilnya harga-harga pangan saat ini, lanjut CT, membuat masyarakat mengapresiasinya dalam bentuk peningkatan kepercayaan konsumen.


"Saya mendengar langsung dari masyarakat menengah ke bawah yang berterimakasih harga kebutuhan pangan stabil. Indeks kepercayaan konsumen dan kepercayaan terhadap pemerintah juga naik sangat signifikan," katanya.


CT memprediksi angka inflasi Juli tahun ini juga akan lebih rendah dibandingkan Juni. "Dengan stabilnya harga-harga kebutuhan pokok, inflasi Juni itu terkecil dalam 4-5 tahun belakangan ini. Saya yakin Juli inflasi akan lebih rendah lagi sekitar 0,7%, selama tidak ada kenaikan harga yang luar biasa," jelasnya.


(rrd/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!