Pedagang Bunga Ketiban Rezeki Jelang Lebaran

Jakarta -Berziarah ke makam anggota keluarga atau kerabat telah menjadi tradisi bagi masyarakat Muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi itu memberikan keuntungan sendiri bagi para pedagang bunga tabur di Pasar Bunga Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


"Kalau menjelang Lebaran permintaan bunga buat nyekar jadi tinggi. Ada 5 kali lipat dari hari-hari biasa," ujar Eko Suwarsono, pedagang bunga tabur, saat ditemui detikFinance di Pasar Bunga Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (26/07/2014).


Eko, yang sehari-harinya berjualan bunga untuk keperluan dekorasi, mengaku mendapat keuntungan ketika satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.


"Dari kemarin-kemarin saya belum dapat untung, tapi gak tahu kalau nanti H-1 Lebaran. Biasanya malam Takbiran baru dapat untung," ujar Eko.


Hal itu menurutnya dikarenakan banyaknya peziarah yang memilih berziarah tepat di Hari Idul Fitri, sehingga malam sebelumnya mereka membeli bunga tabur untuk dibawa ke makam esok paginya.


"Kalau malam takbiran pelanggannya banyak, pasar jadi ramai, sampai macet malah," ucapnya.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!