Ubi Cilembu Hingga Bambu RI Tembus Pasar Eropa dan Asia

Jakarta -Produk-produk pertanian khas Indonesia makin disukai pasar ekspor seperti di Eropa. Selain salak, manggis, dan pisang, produk lainnya seperti mangga, ubi cilembu dan lucky bamboo (bambu) juga diekspor.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Pertanian Suswono, dan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi bergantian melepas ekspor produk pertanian di Pasar Promosi di Gedung Eks RS Pasar Minggu, Jakarta Selantan, Kamis (24/7/2014).


Produk yang diekspor diantaranya:



  • Lucky bamboo yang diekspor mulai Agustus-September ke Azerbaijan, Malaysia, Saudi Arabia, Belanda dan Turki oleh Gabungan Kelompok Tani melalui CV. Rian Karya.

  • Mangga Gedong Gincu diekspor mulai Agustus ke Dubai, Uni Emirat Arab oleh CV. Sumber Buah,

  • Ubi Cilembu, mulai Agustus diekspor ke Hong Kong, Singapura, Thailand oleh Kelompok Agribisnis Ubi Cilembu Pelopor (KAUCP).




Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian Yusni Emilia Harahap mengatakan, untuk ubi cilembu sudah yang ke 20 kali diekspor ke Singapura dan Hong Kong.

"Volume sekali pengiriman 2-3 ton, dengan harga Rp 17.000 per kg, kalau di dalam negeri cilembu harganya Rp 10.000 per kg. Ini ubi khas sekali di Indonesia juga hanya dibeberapa daerah di Jawa Barat bisa tumbuh," tutupnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!