Kelanjutan Proyek Tol Atas Laut Jawa Tunggu Presiden Baru

Jakarta -Kelanjutan rencana pembangunan tol atas laut Jawa, dari Cirebon-Surabaya bakal menunggu presiden baru. Studi kelayakan (feasibility study/FS) tol yang diusung 19 konsorsium BUMN ini, bakal selesai akhir Juli 2014.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR), salah satu BUMN yang menggawangi rencana pembangunan tol ini mengatakan, saat ini perseroan belum bisa memastikan apakah tol tersebut jadi dibangun apa tidak. Keputusan ada di Menteri Pekerjaan Umum.


"Tol laut itu akhir Juli ini janji saya nanti kita sampaikan, nanti. FS yang lebih detil itu akhir Juli. Nanti keputusannya di Menteri Pekerjaan Umum," kata Adhit saat ditemui di Kantor Cabang Jasa Marga, Cililitan, Jakarta, Senin (21/7/2014).


Adhit mengatakan, Jasa Marga bersama 18 BUMN lain memiliki inisiatif untuk membangun tol ini. Usulan tersebut akan disampaikan ke pemerintah untuk ditindaklanjuti.


"Kita tunggu presidennya dulu nanti," katanya.


Tol tersebut tidak akan seluruhnya dibangun di atas laut. Rencananya, 40% panjang dari tol tersebut akan dibangun di atas laut, sedangkan sisanya yang 60% dibangun di daratan.


Ditambahkan Adhit, ada daerah-daerah primer yang menjadi lokasi prioritas dibangunnya tol ini, hingga nanti akhirnya akan terbentang dari Jakarta ke Surabaya. Adhit menegaskan, yang terpenting tol ini harus terintegrasi dengan jalan nasional atau jalan arteri yang ada.Next


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!