Mendag Lutfi: Politisi Ada yang Profesional dan Teknokrat

Jakarta -Sejumlah pihak mengharapkan presiden baru nanti untuk bisa memilih menteri ekonomi dari kalangan profesional, termasuk posisi menteri perdagangan. Apa kata Mendag Muhammad Lutfi?

Menurut Lutfi, tidak masalah bila jabatan menteri perdagangan nantinya dipegang oleh kalangan politisi.


"Pokoknya begini, politisi itu ada yang profesional dan teknokrat. Pokoknya begini ini zaman transparansi zaman, daripada semua tidak ada yang tidak bisa dipimpin," ungkap Lutfi saat ditemui di Kantor Kementerian Perdaganga, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Rabu (22/07/2014).


Menurut Lutfi, yang penting syaratnya adalah. menteri tersebut harus mempunyai kemampuan memimpin sebagai menteri perdagangan. "Jadi mesti bukan hanya profesional tetapi bisa menjadi komunikator yang baik, adil, bijaksana, dan keharusan untuk pintar," imbuhnya.


Ketika ditanya apakah Lutfi berminat kembali menjadi menteri perdagangan bila kembali ditunjuk pemerintah mendatang, Lutfi masih menimbang. Salah satu sebabnya adalah karena masalah keluarga.


"Jangan, jangan. Saya bilang, saya ini kemarin waktu 6 atau 7 Februari kemarin dipanggil Pak Presiden. Saya ini sudah tidak diajak ngomong sama bos saya. Sama Ibu Bianca (Istri Lutfi) 3 hari 3 malam nangis nih kasihan dong saya, nanti dimarahin lagi. Nanti saya urusan sama istri dulu deh," keluhnya.


Di tempat terpisah, pengamat dari Economic Inteeligent Sunarsip mengatakan, apabila kabinet mendatang diisi oleh kalangan profesional dikhawatirkan hanya akan menjadi teknokrat semata.Next


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!