Ini Cara Carrefour Jual Daging Sapi Lebih Murah daripada Harga Pasar

Jakarta -Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menemukan harga jual daging sapi di pasar modern seperti di Carrefour Cempaka Putih, Jakarta Pusat cukup rendah yaitu hanya Rp 82.900/Kg. Padahal harga rata-rata daging sapi di pasar tradisional sampai Rp 90.000-95.000/Kg.

Head of Public Affairs PT Trans Ritel Indonesia (Carrefour), Satria Hamid menjelaskan alasan pihaknya bisa menjual daging sapi dengan harga 'miring'.


"Intinya kami ingin memberikan harga yang lebih terjangkau dan kompetitif. Kita persiapkan 3 bulan yang lalu kita datangkan 3.000 ekor sapi dengan bekerjasama dengan feedloter (penggemukan sapi) lokal," kata Satria Hamid saat ditemui di Carrefour Cempaka Putih, Jakarta, Senin (21/07/2014).


Ia menjelaskan bahwa daging sapi yang dijual pada pelanggan, berasal dari sapi bakalan, atau jenis sapi brahman yang dibibitkan di Australia Utara dan Barat dan diekspor ke Indonesia dalam keadaan hidup di usia pertumbuhan terbaik yaitu 2-3 tahun.


Sapi-sapi tersebut dipantau dan direkam seluruh sejarah perkembangannya dari lahir, kenaikan berat badan dan kondisi kesehatannya dari waktu ke waktu melalui teknologi (Radio Frequency Identification (RFID) yang terpasang di telinga para sapi.


Sehingga kesehatan sapi dari lahir, saat proses transportasi, penggemukan dan pemotongan benar-benar terjamin.


Kemudian di Indonesia, sapi-sapi tersebut digemukkan di Subang, Jawa Barat dengan komposisi pakan terbaik berimbang, perawatan yang prima hingga mencapai pertumbuhan daging yang optimal. Next


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!