Hadapi Lebaran, Jasa Marga Siapkan Rp 4,7 Miliar Uang Receh di Tol Cikampek

Jakarta -PT Jasa Marga terus melakukan persiapan jelang musim mudik Lebaran tahun ini. Khususnya di ruas tol Jakarta-Cikampek, perseroan mempersiapkan uang kembalian (receh) tambahan sebesar Rp 1,2 miliar atau naik 34% dari hari biasa.

"Selama 14 hari, ada tambahan Rp 1,2 miliar. Rutinnya itu Rp 3,5 miliar, jadi total ada 4,7 miliar untuk uang kembalian di Jakarta-Cikampek," kata Direktur Utama Jasa Marga Tbk Adityawarman di Kantor Cabang Jasa Marga Cililitan, Jakarta, Senin (21/7/2014).


Perseroan memperkirakan ada kenaikan jumlah kendaraan pada musim mudik Lebaran sebesar 5,17% khususnya di tol jalur mudik. Meski ada kenaikan, pendapatan Jasa Marga justru turun hingga 20% setiap harinya.


Adit mengatakan, ada lonjakan di 9 ruas tol utama Jasa Marga dari Jakarta mengarah ke Jawa Timur. Khususnya di ruas tol Jakarta-Cikampek yang akan terjadi lonjakan kendaraan sebesar 187% dibanding lalu lintas normal.


"Rata-rata naiknya 5,17% dibanding tahun lalu," katanya.


Meski ada lonjakan kendaraan, lanjut Adhit, justri Jasa Marga kehilangan potensi pendapatan hingga 20% dibanding hari biasa.


"Malah turun (pendapatan), karena ruas lain kosong. Tapi kami lihat tidak ada dari sisi pendapatan, tapi pelayanan mudik. Turunnya lebih dari 20%," katanya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!