Ikut Rupiah, IHSG Bakal 'Perkasa' di 5.400 Bila Jokowi Unggul 4% Lebih

Jakarta -Investor pasar modal, khususnya investor asing berharap pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) unggul di atas 4%, dalam perhitungan akhir pilpres hari ini.

Bila ini terjadi, dana asing ke pasar modal akan masuk deras, dan membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) naik hingga 5.400 di akhir tahun ini. Pada penutupan siang ini, IHSG berada di posisi 5.103.


"IHSG di akhir tahun bisa mencapai 5.400," ujar Kepala Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, Selasa (22/7/2014).


Dia mengatakan, keunggulan di atas 4% itu bakal membuat posisi Jokowi aman, dan kecil kemungkinan digugat oleh Mahkamah Konstitusi (MK).


"Bila di atas 4%, belum tentu MK mau menerima gugatan. Jadi yang diinginkan investor asing adalah selisih keunggulan Jokowi atas Prabowo di atas 4%," ujar Fauzi.


Kemudian, selain selisih di atas 4%, investor asing juga berharap tidak akan ada kerusuhan dalam pengumuman hasil rekapitulasi KPU hari ini.


"Selanjutnya, investor juga ingin Jokowi memperbesar koalisinya di DPR. Sekarang koalisi Jokowi di DPR mewakili 37%. Kalau Golkar pindah haluan, itu akan membuat koalisi Jokowi mayoritas di DPR dan bisa merealisasikan kebijakan-kebijakannya. Ini akan diapresiasi oleh investor," papar Fauzi. Next


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!