Pasar Lagi Turun, Saham TvOne Mampu Naik 8%

Jakarta -Saham induk TvOne, PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) pada pukul 14.35 terpantau naik 8,61% ke posisi Rp 227 per saham. Pemberitaan TvOne yang mulai netral dan harga saham yang sudah rendah membuat investor berani ambil posisi beli.

Sebelumnya, saham media milik Grup Bakrie ini terus melemah hingga kemarin setelah menampilkan hasil quick count atau hitung cepat yang berbeda dari media lain.


Sekretaris Umum Forum Komunikasi CSA (FK–CSA) Reza Priyambada menilai, pelaku pasar mulai mengambil posisi beli atas saham VIVA. Hal ini terdorong oleh pemberitaan TvOne yang mulai menampilkan tayangan hasil pilpres yang sama dengan media lain.


"Pelaku pasar mulai mengambil posisi beli untuk saham VIVA yang sudah rendah. Pilpres sudah selesai, berita-berita TvOne juga sudah mulai sama dengan TV lain, menampilkan hasil pilpres yang sama juga, investor mulai melihat ini," ujar Reza saat dihubungi, Kamis (24/7/2014).


Dia menjelaskan, selama ini saham VIVA atau pun saham-saham milik Grup Bakrie lebih banyak digerakkan oleh sentimen. Nama Bakrie selalu dikaitkan dengan image negatif oleh pelaku pasar. Ini membuat sentimen negatif pula bagi pasar.


"Saham VIVA itu kebanyakan penggeraknya dari sentimen, apalagi mereka lebih melihat ke pemilik medianya Bakrie yang kita tahu berhubungan dengan capres nomor urut 1 jadi masyarakat agak menjauh ditambah sentimen negatif karena penyajian berita mereka sehingga orang nggak aware karena kalau menyajikan informasi yang berbeda akan menimbulkan persepsi negatif jadi terbawa ke saham mereka," jelas dia.


Namun begitu, tambah Reza, secara kinerja perusahaan ini memiliki fundamental yang baik. Hal ini menjadi pertimbangan investor untuk kembali masuk ke saham VIVA.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!