Menkes Tegaskan RI Tak Impor 2 Jenis Apel yang Berbakteri Asal AS

Jakarta -Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menegaskan Indonesia tak mengimpor dua jenis apel Granny Smith dan Gala asal AS yang kini sedang berkasus terkait bakteri Listeria monocytogenes.

Nila mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialiasi kepada masyarakat terkait kasus ini melalui media massa. Ia menegaskan saat ini, kewenangann soal tata niaga perdagangan buah impor merupakan ranah Kementerian Perdagangan.


"Pokoknya udah sih (selesai), kita tidak impor di sini. Ini bukan (urusan) kami kan, ini Kemendag. Kami sudah confirm dan mereka sudah nilai, tidak ada impor apel itu ke Indonesia. impor produk tersebut terus dia (Amerika) sudah kirim surat resmi," tegas Nila di Istana Negara, Rabu (28/1/2015).


Menurutnya bisa saja terjadi pemasukan apel impor dari AS untuk jenis lain di luar Granny Smith dan Gala. Namun pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) akan menjaga ketat di pintu pemasukan di badan karantina di pelabuhan maupun bandara.


"Mungkin ada tapi kan kita jaga, kami juga sudah beritahukan Mendag agar melaksanakan tindak lanjut untuk penelusuran ke luar dan kalau soal itu sudah kewenangan Kementan," katanya.


Kepala Badan Karantina (Barantan) Kementan Banun Harpini mengatakan survei yang dilakukan sejak Mei 2014 sampai Desember 2014 tidak menemukan kontaminasi pada seluruh produk apel impor di Indonesia. Sementara untuk Januari 2015 belum ada impor apel yang datang dari Amerika Serikat.


"Tidak ditemukan cemaran kimia yang melebihi ambang batas dan bebas mikroba. Semua dalam kendali jadi tidak perlu dipikirkan," ujar Banun.Next


(hen/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com