Gong Xi Fa Cai, Memberi Angpao Sekarang Bisa Lewat Ponsel

Jakarta -Ketika Tahun Baru Imlek tiba, pemberian angpao adalah tradisi yang sudah melekat. Angpao adalah uang dalam amplop merah, yang diberikan kepada sanak keluarga maupun kawan yang belum menikah.

Namun di Tiongkok, sekarang tradisi memberi angpao mulai bergeser. Kini, sudah ada layanan angpao digital yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa macam Alibaba atau Tencent. Uang angpao bisa lebih mudah diberikan, bisa melalui telepon seluler (ponsel).


"Ini memang lebih nyaman, apalagi antrean di bank sangat panjang jelang Imlek. Kemudian, membawa uang tunai juga kurang aman, terlebih bila naik kereta," kata Mao Hui, salah seorang warga Shanghai, seperti dikutip dari CNN, Kamis (19/2/2015).


Begini caranya memberika angpao digital. Pemberi angpao masuk ke jaringan Alibaba atau Tencent. Begitu terhubung, angpao bisa dikirim melalui layanan pesan singkat WeChat milik Tencent atau platform pembayaran Alibaba.


Dua perusahaan ini memang sedang bersaing memperebutkan pasar Tiongkok. Dalam hal mengirimkan angpao digital, Tencent bisa dibilang lebih unggul. Tahun lalu, jutaan orang sudah mengirim angpao melalui WeChat.


Nicole Peng, analis teknologi dari Canalys, mengatakan memberi angpao secara digital sangat memudahkan. Apalagi bagi mereka yang sibuk atau tinggal di kota yang jauh dari kampung halaman.


"Banyak warga Tiongkok yang tinggal di kota dan jauh dari keluarga. Akan memudahkan jika bisa memberi angpao dengan cara seperti ini," kata Peng.


Namun, bukan berarti tradisi memberi angpao secara langsung kemudian ditinggalkan. Berkumpul dengan keluarga dan memberi angpao secara langsung tetap menjadi sebuah ikatan emosional yang tidak tergantikan.


"Apalagi anggota keluarga yang sudah berumur jarang yang menggunakan teknologi ini," kata Mao Hui.


(hds/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com