Tak Hanya di DKI, Harga Beras di Lumbung Padi Karawang Pun Meroket

Jakarta -Kenaikan harga beras ternyata juga tidak hanya terjadi di DKI Jakarta. Hal ini pun terjadi sampai ke Jawa Barat, termasuk Karawang yang notabene merupakan daerah lumbung padi.

"Di Karawang, Bekasi, hingga Jatibarang (Cirebon/Jawa Barat) juga harganya tinggi," ungkap Hilyas, pemilik Toko Beras Hilyas kepada detikFinance di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (19/02/2015).


Sayangnya, ia tidak memberikan gambaran jelas berapa tingkat kenaikan harga gabah di tingkat petani. Dia hanya menyebutkan bahwa harga beras di Karawang, Bekasi, hingga Jatibarang hampir sama dengan Jakarta.


"Tidak hanya di Jakarta, harga beras di Jatibarang untuk kualitas premium sudah ada yang sampai Rp 15.000/kg dari harga normal Rp 10.000/kg," paparnya.


Sementara itu, Kepala Bagian Pengembangan PT Food Station selaku pengelola Pasar Induk Cipinang Heri Muchtarsid mengungkapkan dasar kuat harga beras di Jakarta bergerak liar. Menurutnya, kenaikan harga beras pada Februari biasa terjadi setiap tahun. Namun untuk tahun ini, kenaikan dianggapnya cukup tinggi karena tidak ada peran Bulog.


"Hal ini sama seperti Februari tahun lalu. Yang beda tahun lalu digelontorkan beras OP (Operasi Pasar) oleh Bulog, sekarang tidak. Tahun lalu OP beras murah melalui Pasar Induk sehingga beras bisa diolah dan didistribusikan kepada masyarakat. Jadi harga terjangkau," jelasnya.


(wij/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com