Terminal Regasifikasi Arun Terima Gas Perdana dari Papua

Lhokseumawe -PT Perta Arun Gas (PAG), anak perusahaan PT Pertamina Gas (Pertagas) menerima pasokan perdana satu kargo LNG (gas alam cair) dengan volume 119.000 m3 dari BP Tangguh, Papua, melalui unit Regasifikasi dikomplek Kilang LNG PT Arun, Lhokseumawe, Aceh.

Penerimaan satu kapal (kargo) perdana LNG dari Tangguh itu berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (19/2/2015). Terminal penerimaan dan regasifikasi Arun ini memiliki kapasitas produksi 400 juta kaki kubik per hari (MMSCFD), agar LNG dapat tersalurkan dan memenuhi kebutuhan listrik dan industri yang cukup besar di wilayah ini. Sebagaimana diketahui, gas yang diregasifikasi di terminal ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi memenuhi kebutuhan energi yang semakin tinggi di Aceh dan di Sumut.


Presiden Direktur PT Perta Arun Gas (PAG), Teuku Khaidir mengatakan, pasokan LNG perdana ini tentunya untuk cooldown pipa dan tanki sekaligus commissioning (uji coba). Setelah itu langsung start up dan diharapkan bersamaan dengan peresmian (awal bulan depan), rencana peresmian Unit Regas Arun akan digelar pada awal bulan depan (Maret 2015).


"Kapal LNG Tangguh ini akan digunakan untuk merevitalisasi aset-aset kilang yang sudah ada sebelumnya dari PT Arun. Kini PT Arun tak lagi beroperasi karena menurunnya produksi gas alam. "kata Teuku Khaidir kepada wartawan dilokasi.


Ia menambahkan, kargo pertama ini diharapkan nantinya PAG akan menjadi salah satu motor perusahaan regasifikasi di tanah air. Selain itu, nantinya LNG yang akan terima oleh PT PAG pada tahun ini akan menyuplai sejumlah indusrti di Aceh dan Sumatera Utara.


"Nantinya industry yang akan kita suplai yakni PT PLN Provinsi Sumut, karena tahun ini sudah memakai Gas. Karena Gas dianggap lebih murah dari pada BBM," sebutnya.


Teuku Khaidir berharap, kapal kargo yang masuk nanti dapat membantu Aceh untuk menyediakan pasokan energi. Sehingga kawasan Industri di Aceh dapat berkembang. Next


(rrd/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com