Lion Air Delay Parah, Menko Sofyan: Ada Masalah Fundamental

Jakarta -Maskapai Lion Air kini tengah dirundung masalah berat. Sejak beberapa hari terakhir, perjalanan maskapai ini mengalami keterlambatan (delay) yang bisa dibilang sangat parah.

Sofyan Djalil, Menko Perekonomian, ikut angkat suara mengenai masalah ini. Menurutnya, delay Lion Air perlu mendapatkan perhatian dan solusi menyeluruh karena menyangkut citra Indonesia.


"Masalahnya, ini pendapat saya, sebagai maskapai penerbangan itu adalah citra dari transportasi Indonesia. Saya pikir perlu ada review secara menyeluruh bagaimana operasional dari LCC (Low Cost Carriers/maskapai penerbangan murah)," jelas Sofyan di kantornya, Jakarta, Jumat (20/2/2015).


Sofyan menegaskan, masalah delay parah ini bukan yang pertama buat Lion Air. Oleh karena itu, memang ada masalah mendasar di tubuh Lion Air yang mesti dipecahkan.


"Saya pikir harus dibenahi secara overall. Kalau sekali oke, dua kali berarti ada masalah yang diperkirakan, tiga kali berarti ada masalah yang fundamental," tegasnya.


Namun, Sofyan menyerahkan penanganan masalah Lion Air kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dia mengingatkan agar masalah serupa jangan sampai terulang kembali.


"Barangkali Kemenhub sudah mengambil tindakan yang diperlukan, itu otoritas di Kemenhub. Namun untuk Lion, ini sudah yang beberapa kali mengalami masalah sama," tuturnya.


(hds/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com