Tak Hanya di Sumut, Tower Listrik Ambruk Juga Pernah Terjadi di Garut

Jakarta -Tidak hanya di Sumatera Utara yang 3 tower listriknya roboh karena besinya dicuri. Tapi kejadian ini pernah juga terjadi di pertengahan tahun lalu, tepatnya di Garut, Jawa Barat. Kejadian terjadi membuat Garut sempat gelap gulita.

Tower listrik yang roboh adalah tower 16 arah Pamengpeuk dari gardu induk (GI) Sumadra. Terjadi pada Rabu (27/8/2014) malam pukul 21.35 WIB di Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat.


Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, ambruknya tower listrik karena besi-besi penyangga tower listrik dipotong oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Akibat robohnya tower tersebut, saluran pemasok ke 53 gardu listrik padam dan 72 saluran pemasok cadangan juga padam, atau total 125 gardu atau sekitar 19% dari total wilayah Garut.


Seperti diketahui, pada Selasa (17/2/2015) malam pukul 21.30 WIB, PLTU Pangkalan Susu tidak bisa mentrasfer listrik ke wilayah masyarakat Sumatera Utara, karena adanya perusakan atau pemotongan member tower oleh orang tak dikenal (OTK) dengan alat gergaji.


Aksi ini menyebabkan tower nomor 214, 215, dan 216 (3 tower) roboh, yang berada di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, persis di lokasi di dekat PLTU Pangkalan Susu.


(rrd/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com