Menteri ESDM Berencana Ubah Kantornya Jadi Museum Energi

Jakarta -Menteri ESDM Sudirman Said memiliki ide untuk mengubah fungsi Gedung Utama Kementerian ESDM, Jakarta. Di gedung tempatnya selama ini berkantor akan diubah menjadi museum, atau pusat informasi terkait energi. Ide ini sejalan dengan status gedung yang masuk daftar cagar budaya.

"Jadi kita ingin melestarikan dan sedang dipikirkan konsepnya, gedung ini harus dijadikan publik area, terima tamu, display informasi sejarah kita. Kita memang belum punya detail, ini baru undang perancangnya," kata Sudirman di kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu (21/2/2015).


Dengan diubahnya fungsi kantor ESDM nanti, Sudirman ingin menjaga keberadaan dan bentuk gedung utama yang masuk daftar cagar budaya tersebut.


"Idenya menjaga kelestarian sejarah, supaya dari waktu ke waktu bentuknya sama," jelasnya.


Ke depan, Sudirman ingin masyarakat bisa mempelajari dan memperoleh informasi terkait dunia pertambangan, migas, hingga kelistrikan di tanah air, dalam satu lokasi yang mudah diakses masyarakat.


"Kalau jadi pusat informasi seharusnya bisa, ada tempat yang mudah diakses, jadi ruangan kerja menteri, sekjen dan beberapa staf ahli, kita geser di sini (ke Gedung Setjen ESDM), kalau disitu (kantor menteri ESDM) khusus jadi publik area," sebutnya.


(feb/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com