Pengakuan Pemain Lama MMM: Pernah Untung dan Buntung

Jakarta -Mavrodi Mondial Moneybox alias Manusia Membantu Manusia (MMM) mengklaim dirinya sebagai komunitas. Padahal, bagi mereka yang mengerti cara kerjanya ini hanyalah sebatas permainan memutar uang.

Risiko dari permainan ini adalah uang yang sudah disetor berpotensi tidak kembali. Lalu bagaimana supaya bisa mengurangi risiko tersebut?


Salah satu pemain lama MMM bernama Melly yang dulu pernah untung dan pernah juga buntung berbagi pengalamannya. Menurutnya, jangan pernah menganggap MMM sebuah komunitas yang serius karena ini hanya permainan uang semata.


"Dulu saya juga nyangkanya ini komunitas beneran yang punya ideologi, tapi setelah ikutan lama ternyata cuma money game," ujar Melly kepada detikFinance, Rabu (1/4/2015).


Setelah sadar ini hanya permainan uang yang berisiko, wanita asli Bandung ini punya tips bagi masyarakat yang nekat mau ikut berpartisipasi di MMM.


Pertama, kata dia, jangan setor uang (provide help/PH) dalam jumlah banyak. Karena kalau uangnya tidak kembali tidak akan merasa rugi.


"Jangan setor gede-gede. Maksimal PH kan sekarang Rp 10 juta, kalau hilang sayang. Cukup Rp 500.000 atau Rp 1 juta saja," jelasnya.Next


(ang/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com