Citra Group Lepas 29% saham CMNP ke Investor Strategis

Jakarta - Citra Group melalui PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk (CMNP) tengah fokus untuk membangun proyek tol baru di Filipina. Citra Group berniat melepas sekitar 29,5% saham miliknya pada PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk (CMNP) kepada investor strategis, menyusul adanya perbedaan pendapat dengan mitra strategis dan akan konsentrasi ke proyek jalan tol lain di Asia.

Citra Group bertindak sebagai pemegang saham mayoritas konsorsium dengan kepemilikan 54% dan sisanya dimiliki San Miguel Corporation (SMC). Konsorsium tersebut melalui beberapa anak usaha bertindak selaku pemegang 29,5% saham CMNP.


Juru Bicara Citra Lamtoro Philippines, Ramon Borromeo mengatakan, konsorsium Citra Group akan konsentrasi dalam membidik proyek tol baru di Filipina, termasuk pengelolaan proyek yang sudah ada.


“Citra Group telah menyimpulkan pelepasan sekitar 29,5% saham di Citra Marga kepada investor strategis dalam waktu dekat,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7/2013).


Dia menjelaskan, di Filipina, konsorsium Citra Group menjadi pemegang saham mayoritas Citra Metro Manila Tollways Corporation (CMMTC), South Luzon Tollway Corporation (SLTC), dan Southern Tagalog Arteries Road (STAR). Konsesi proyek tol sepanjang 110 km tersebut menghubungkan Metro Manila sampai daerah Selatan di kepulauan Luzon.


Konsorisum itu juga sedang menunggu izin proyek tol Metro Manila Skyway tahap tiga sepanjang 14,2 km. Proyek tol yang diperkirakan menelan investasi US$ 545 juta tersebut ditargetkan rampung pertengahan 2016.


Sebelumnya, perusahaan ini sudah mengantungi proyek tol sepanjang 7,2 km dengan nilai investasi berkisar US$ 360 juta. Proyek tersebut merupakan penghubung ruas tol NAIA Airport.


“Konsorsium Citra Groupdan San Miguel akan aktif dalam mengelola dan mengawasi konstruksi proyek NAIA Expressway,” ungkapnya.


Konsorsium ini juga telah melaksanakan komisioning proyek tol Star Tollway yang menghubungkan Lipa menuju Kota Batangas. Seksi ruas tol sepanjang 42 kilo meter tersebut ditargetkan rampung dalam 24 bulan ke depan Konsorsium Citra Group bersama dengan San Miguel aktif berpartisipasi dalam pengembangan ruas tol di Filipina yang ditargetkan mencapai 250 kilo meter hingga 2016.


Konsorsium Citra Group tersebut juga akan memperluas ruas tolnya dalam program pemerintah Filipina untuk pengembangan ruas tol sepanjang 750 kilo meter hingga 2019. Citra Group juga telah menuntaskan studi kelayakan jalan tol di Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan.


”Investasi ketiga negara tersebut tinggal menunggu persetujuan dari Citra Group,” kata dia.


(ang/ang)