Pasca BBM Naik, Harga Kue Kering Lebaran Naik Rp 5.000

Jakarta - Memasuki hari kedua Puasa, Pasar Kue Senen Jakarta Pusat mulai dibanjiri kue kering. Minat masyarakat untuk memborong kue khas Hari Raya ini tak berkurang walaupun harganya naik karena dampak kenaikan BBM.

Berdasarkan pantauan detikFinance, Kamis (11/7/2013), harga kue-kue kering saat ini sudah mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Hal ini diakui Wijaya, salah seorang pedagang kue.


Menurutnya, pasca kenaikan harga BBM bersubsidi, terjadi kenaikan harga pada bahan-bahan pembuat kue ini. Dampaknya kue-kue kering tersebut mengalami kenaikan harga sekitar Rp 5.000 per kotak.


"Sekarang yang paling murah yang saya jual itu Rp 20.000, padahal dulu masih ada yang Rp 15.000. Ya kenaikannya sekitar Rp 5.000 (naik 30%) lah dibandingkan tahun lalu," ujar Wijaya.


Mahal dan murahnya harga kue-kue kering tergantung mereknya. Wiyaja menyatakan harga kue di tokonya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 60.000 per kotak. Untuk kotak kue yang berisi beberapa jenis kue, harganya sekitar Rp 80.000.


Wijaya mengaku meski baru 2 hari puasa, permintaan kue-kue ini cukup besar. Untuk itu, ia belum memastikan apakah akan terjadi kenaikan harga lagi di hari-hari mendekati Lebaran.


"Sekarang sudah banyak yang beli. Soal kenaikan harga dekat-dekat Lebaran, wah, saya tidak berani ngomong dulu soal kenaikan harga, tergantung pasokan, kalau sudah mulai habis ya pasti naik," tandasnya.


(nia/hen)