SKK Migas: Kernel Oil Belum Pernah Menang Tender Tahun Ini

Jakarta - Kernel Oil Pte Ltd diduga terlibat kasus penyuapan mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Kernel Oil merupakan salah satu trader minyak asal Singapura yang memang terdaftar di SKK Migas, namun tahun ini Kernel belum pernah menang tender penjualan minyak mentah.


"Tahun-tahun sebelumnya Kernel pernah menang (tender) tapi saya lupa tahun berapa, tapi tahun ini belum pernah menang," ungkap Deputi Perencanaan Komersil SKK Migas, Widyawan Prawiraatmadja, di City Plaza, Rabu (14/8/2013).


Dikatakan Widyawan tender penjualan minyak memang tidak selalu rutin dilakukan tiap bulannya oleh SKK Migas.


"Tidak selalu, tergantung spot, contohnya TPPI (PT Trans Pacific Petrochemical Indotama) ketika TPPI belum beroperasi, kondensat dari Senipah nggak kepakai, maka kondesatnya di Senipah itu yang ditenderkan, dan minggu ini akan dilakukan tender yang di Senipah," jelasnya.


Widyawan mengaku sampai saat ini belum pernah ada kasus sengketa dengan Kernel Oil. "Setahu saya nggak ada (kasus sengketa)," tandasnya.


Seperti diketahui KPK telah menetapkan Rudi Rubiandini sebagai tersangka dugaan kasus suap yang melibatkan Kernel Oil. Melalu Keppres No 93 Tahun 2013, Presiden SBY menugaskan Wakil SKK Migas Johannes Widjonarko menjadi kepala SKK Migas.


(rrd/hen)