Carrefour Hipermarket Pertama Jual dan Salurkan Hewan Kurban di Indonesia

Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 2013, PT Trans Retail Indonesia selaku pemegang merek atas Carrefour Indonesia menyediakan layanan penjualan dan penyaluran hewan kurban.Carrefour akan menyediakan tempat khusus sebagai pusat informasi dan pelayanan hewan kurban di seluruh gerai Carrefour di Indonesia.

"Jadi ini adalah cara baru yang sebelumnya harus mengubah paradigma atau cara kita berkurban selama ini yang harus melihat barangnya ada atau tidak. Kita lihat dan kita ubah serta kita salurkan ke masyarakat yang miskin dan dapat bantuan," ungkap Head of External Communication and CSR PT Trans Retail Indonesia Hendrik Adrianto saat ditemui di Carrefour Lebak Bulus Jakarta, Jumat (11/10/2013).


Pelanggan dapat membeli hewan kurban seperti kambing maupun sapi mulai tanggal 20 September hingga 14 Oktober 2013. Harga kambing dipatok Rp 1.550.000/ekor sedangkan harga sapi Rp 10.500.000/ekor. Untuk merealisasikan ide barunya ini, Carrefour menggandeng 3 lembaga yaitu Dompet Dhuafa, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dan Aksi Cepat Tanggap.


"Untuk kurban kambing seharga Rp 1.550.000/ekor hanya untuk satu orang sedangkan sapi dengan harga Rp 10.500.000/ekor itu untuk 7 orang. Kita bekerjasama dengan 3 lembaga yaitu Dompet Dhuafa, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dan Aksi Cepat Tanggap untuk menyediakan hewan kurban dan menyalurkan hewan kurban tersebut kepada pihak yang membutuhkan baik di dalam maupun luar negeri," imbuhnya.


Caranya, masyarakat cukup datang ke gerai Carrefour seluruh Indonesia kemudian mengisi biodata formulir yang telah disiapkan lalu membayar dan menyerahkan kepada pihak panitia


"Setelah itu, pihak pekurban akan mendapatkan sertifikat kurban dari kami. Ini adalah ide yang sudah kami rencanakan sejak 6 bulan yang lalu dan akhirnya terealisasi," cetusnya.


Carrefour Indonesia menyediakan layanan penjualan dan penyaluran hewan kurban kepada masyarakat mulai tanggal 20 September hingga 14 Oktober 2013. Cara ini dinilai pihak Carrefour adalah yang pertama kali dilakukan store sekelas hipermarket.


"Kami adalah hipermarket pertama yang melakukan penjualan dan penyaluran hewan kurban di Indonesia," tuturnya.


Nantinya hasil dari penjualan sapi akan disalurkan ke daerah yang membutuhkan baik di dalam maupun luar negeri. "Kita targetkan jumlah pekurban 5.000-10.000 orang dimana 90% akan berkurban kambing," imbuhnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!