Hatta Rajasa Mendongeng di Sawangan

Jakarta - Kegiatan unik dilakukan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa hari ini. Hatta membawakan dongeng di depan ratusan anak di Godong Ijo, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Hatta dibantu seorang pendongeng bernama Mia, membawakan sebuah dongeng dan menyihir anak-anak dan orang tua yang hadir. Usai bercerita Hatta mengatakan Indonesia sangat kaya akan cerita rakyat yang berisikan tuntunan moral pembentuk karakter.


Pembacaan dongeng ini merupakan bagian dari peluncuran 2 seri buku cerita anak-anak. Peluncuran buku yang berjudul ‘Cerita Tentang Kebijaksanaan’ dan ‘Cerita Tentang Keberanian’ diharapkan Hatta bisa membangkitkan kembali budaya mendongeng bagi masyarakat perkotaan yang memudar. Karena cerita anak berperan juga membangun karakter para pemimpin bangsa ini.


"Jadi, pembuatan buku itu pun juga merupakan upaya melestarikan dan mengembangkan dongeng-dongeng dari seluruh Nusantara," ucap Hatta pada peluncuran buku cerita anak seperti dikutip dalam pernyataannya, Sabtu (12/10/2013).


"Saya sendiri dibesarkan dengan dongeng. Sehabis maghrib kami sekeluarga pasti bersila, dan Ama (Ibu) mendongeng, bercerita tentang banyak hal, bahkan tentang hal-hal di luar imajinasi saya yang saat itu masih kanak-kanak," tambahnya.


Hatta juga berharap, buku dongeng bisa membuka dunia dan cakrawala berpikirnya anak menjadi tak sebatas. "Tetapi yang terutama, dongeng juga membangun kedekatan saya dengan Ama dan Bapak," tambahnya.


Hatta menambahkan, dirinya tertarik oleh sebuah perkataan Albert Einstein. Albert Einstein pernah mengatakan, bila mengharapkan anak-anak cerdas maka bacakanlah mereka dongeng.


"Pengalaman saya menyatakan, keyakinan Einstein yang kecerdasannya tidak kita ragukan itu benar adanya," katanya.


Peluncuran buku itu sendiri berlangsung meriah. Begitu Hatta datang ke Godong Ijo, sekitar 130-an anak usia dini segera menyambutnya.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!