Pria dan Uang

Jakarta - Kaum pria umumnya memiliki perilaku yang berbeda dalam hal pengaturan keuangan keluarga. Umumnya pria lebih memilih untuk tidak ikut campur dalam urusan keuangan rumah tangga dan mempercayakan semuanya kepada sang istri.

Kaum pria lebih tertarik untuk terlibat dalam urusan keuangan di luar rumah tangga yang menyangkut investasi ataupun bisnis untuk meningkatkan aset.


Menurut sebuah survey dari AskMen.com, mayoritas pria di Amerika Serikat (AS) memilih Warren Buffet, investor terkaya dunia, sebagai panutan mereka dalam masalah keuangan. Panutan selanjutnya adalah figur ayah mereka dan Donald Trump, pengusaha terkemuka di Amerika Serikat.


Hanya sekitar 5% dari mereka yang memilih Suze Orman, financial planner kenamaan di Amerika Serikat, sebagai referensi pengaturan keuangan.


Dari survey ini makin terbukti bahwa umumnya kaum pria lebih tertarik untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan langsung dengan investasi di pasar keuangan dan bisnis untuk mengejar kekayaan daripada bagaimana memperkuat keuangan keluarga untuk mencapai tujuan-tujuan bersama.


Tidak ada yang salah dengan hal ini, selama pembagian tugas pengaturan keuangan di rumah telah dijalankan dengan baik oleh pasangan. Namun sebaiknya, sebelum memutuskan untuk fokus dalam berinvestasi dan bisnis, ada beberapa hal yang terlebih dahulu Anda pastikan.


Berikut paparan Perencana Keuangan dari ZAP Finance Tofan Saban seperti dikutip detikFinance, Jumat (11/10/2013).Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!