Cibubur, Depok, Sampai Bogor Mati Lampu Semalam, Ini Penjelasan PLN

Jakarta - Semalam kawasan Cibubur, Depok, hingga Bogor mengalami pemadaman listrik. Pihak PLN mengatakan, pemadaman telah diatasi dan penyebabnya adalah karena adanya gangguan trafo di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong, Jawa Barat.

"Pada hari Rabu 9 Oktober 2013 jam 20.49 WIB telah terjadi gangguan pada trafo interbus/Interbus Transformer (IBT) 1 dan2 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong. Gangguan ini memicu padamnya Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Gunung Salak dan Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhan Ratu di Jawa Barat," tutur Senior Manager Corporate Communications PLN Bambang Dwiyanto dalam siaran pers, Kamis (10/10/2013).


Akibat kondisi ini, beberapa daerah seperti sebagian Bogor, Cibinong, Cileungsi, Sukabumi, Depok, dan sebagian Jakarta Timur tadi malam mengalami pemadaman. Pada pukul 21.23 WIB, trafo IBT 1 dan tiga unit PLTP Gunung Salak menyala dan normal kembali, sehingga pemadaman di sebagian wilayah tersebut kembali normal. Sebagian pelanggan hanya mengalami pemadaman listrik sekitar 30 menit.


"Namun karena trafo IBT 2 masih mengalami gangguan, dan juga beberapa unit PLTP Gunung Salak dan PLTU Palabuhan Ratu masih terganggu, maka pasokan ke pelanggan tidak cukup, sehingga sebagian pelanggan terpaksa masih mengalami pemadaman tadi malam," ujarnya.


Bambang mengatakan, hasil penelusuran awal dilapangan yang dilakukan oleh petugas PLN, indikasi penyebab gangguan adalah terbakarnya bushing primer & sekunder pada trafo IBT 2 GITET Cibinong. Trafo IBT 2 Cibinong perlu diganti karena kerusakan yang cukup parah. Sementara PLTU Pelabuhan Ratu juga perlu diperbaiki selama beberapa hari.


"PLN berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya pemadaman di sisi pelanggan umum dengan meminta para pelanggan industri dan bisnis besar yang memiliki pembangkit sendiri untuk sementara mengoperasikan pembangkitnya sendiri," kata Bambang.


PLN juga meminta partisipasi pelanggan yang sedang tidak mengalami pemadaman listrik untuk mengurangi pemakaian listrik, khususnya yang tidak diperlukan. Partisipasi pelanggan ini sangat signifikan untuk meminimalisir terjadinya pemadaman.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!