Warga Jakarta Bisa Nikmati MRT Awal 2018

Jakarta - Konstruksi proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Koridor Utara Selatan Tahap I dari Lebak Bulus-Bundaran HI senilai Rp 15 triliun hari ini sudah dimulai. PT MRT Jakarta selaku pelaksana mega proyek ini berjanji kuartal I-2018 layanan MRT sudah bisa dinikmati masyarakat.

"MRT fase I ini selesai akhir 2017 atau awal 2018, dan sudah akan beroperasi secara komersial pada kuartal I-2018," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami, ditemui di Proyek MRT Jakarta, Dukuh Atas, Jalan Tanjung Karang, Kamis (10/10/2013).


Dono mengatakan kapasitas angkut MRT dapat membawa penumpang total 120.000 orang per hari. Sementara untuk tiket MRT sampai sekarang belum ditentukan berapa walaupun dalam hitungan awal diperkirakan akan mencapai Rp 15.000/orang.


"Ini karena proyeknya masih lama selesai jadi belum ditentukan harga tiketnya, apalagi ketentuan tiket yang menentukan adalah Pemda DKI Jakarta bukan PT MRT Jakarta," ujarnya.


Sementara itu, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan proyek MRT fase I ini akan beroperasi secara komersial Mei 2018. "Fase I ini akan selesai dan beroperasi pada Mei 2018," ungkapnya.


Sementara untuk fase II MRT Bundaran HI-Kampung Bandan akan masuk dalam tahap engineering study. "Fase II ini diperkirakan akan memakan biaya hingga 133 miliar Yen," katanya.


Berikut ini rincian pembangunan MRT di Jakarta dan sekitarnya:Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!