Mau Hemat Rp 4 T/Tahun, Bank Dunia Pangkas Pegawai dan Birokrasi

Washington - Lembaga multilateral Bank Dunia menyatakan bakal memangkas birokrasi dan biaya operasionalnya. Lembaga ini menargetkan ingin mendapatkan penghematan US$ 400 juta atau sekitar Rp 4 triliun per tahun.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan, pemangkasan biaya operasional dan birokrasi dilakukan, sehingga lembaga ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dalam memberantas kemiskinan dan mendorong pembangunan di dunia.


Kim juga mengatakan, Bank Dunia akan mengkaji jumlah pegawai yang ada. Ini dilontarkan untuk mengonfirmasi rumor bahwa Bank Dunia akan memangkas 10 ribu karywan.


Selama ini klien-klien atau peminjam dana dari Bank Dunia kebanyakan adalah negara-negara miskin atau negara berkembang, yang mempunyai masalah kompleks pada birokrasi. Karena itu, Bank Dunia ingin memangkas birokrasi di dalam.


"Harusnya ini tidak pernah terjadi. Sebuah institusi, seperti bisnis, butuh solusi inovasi, dan berbagi kesuksesan serta kegagalan," kata Kim dikutip dari AFP, Sabtu (11/10/2013).


Pria keturunan Korea Selatan mengatakan, dirinya akan merestrukturisasi Bank Dunia menjadi kelompok-kelompok ahli berdasarkan keahliannya, sehingga bisa melayani dengan baik di seluruh dunia.


"Kami berkomitmen menjadi partner yang mudah diajak kerjasama," ujar Kim.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!