Wall Street Melompat Tinggi Atas Harapan Kesepakatan Batas Utang

New York - Saham-saham di Wall Street melompat cukup tinggi atas harapan tercapainya kesepakatan batas utang Amerika Serikat (AS) demi menghindari gagal bayar.

Ada perkembangan di situasi politik AS setelah Partai Republik menawarkan adanya perpanjangan batas utang AS selama enam pekan ke depan. Tapi sayangnya proposal ini tidak akan mengakhiri tutupnya pemerintahan AS.


Presiden AS Barack Obama sudah melakukan pertemuan dengan para petinggi Partai Republik di Gedung Putih. Perkembangan ini menunjukkan pemerintah masih peduli dengan utang-utang AS.


"Tidak lucu jika sampai menghancurkan negara sendiri hanya gara-gara perbedaan ideologi. Saya rasa dengan ini investor sedikit lega," kata Jack Ablin, kepala investasi pasar dari BMO Private Bank dikutip AFP, Jumat (11/10/2013).


Pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat, Indeks Dow Jones melompat 323,09 poin (2,18%) ke level 15.126,07, hampir kembali ke posisi sebelum terjadinya shutdon pada 1 Oktober kemarin.


Sementara Indeks S&P 500 melonjak 36,16 poin (2,18%) ke level 1.692,56, dan Indeks Komposit Nasdaq bertambah 82,97 poin (2,26%) ke level 3.760,75.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!