Jokowi Letakkan Batu Pertama Proyek MRT di Dukuh Atas

Jakarta - Konstruksi proyek pembangunan transportasi Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta sudah dimulai. Hari ini Gubernur DKI Jakarta melakukan peletakan batu pertama sebagai pertanda dimulainya pembangunan di Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Di wilayah Dukuh Atas, Jakarta Pusat akan dibangun stasiun pertama MRT dan stasiun terbesar nantinya.


"Harapannya ini cepat selesai," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2013).


Jokowi yakin, dengan dibangunnya MRT maka kemacetan di Jakarta akan berangsur berkurang. Terlebih jika di Jakarta disusul dengan kebijakan tranportasi lainnya seperti Monorel, ERP, Genap Ganjil dan pengadaan bus yang lebih banyak.


"Jelas berkurang dong. Kalau nggak berkurang ngapain kita bangun MRT, Monorel, kenapa kita beli bus terus. Harus yakin dong, prosan-prosen, tanya nanti sekarang yang berkendaraan berapa, nanti kalau ada MRT akan kedorong kesana berapa. Kan tergantung kebijakan nanti," jelas Jokowi.


Meski demikian, Jokowi tak menampik jika dalam masa pembangunan MRT akan terjadi kemacetan. Ini karena Jakarta sudah mengalami keterlambatan untuk membangun MRT ketika sudah disesaki oleh penduduk.


"Ya jelas macet dong, terutama di titik dimana MRT itu dibangun," katanya.


(jor/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!