Pegawai Swasta Ini 'Pusing' Saat Datang ke Pameran Rumah yang Harganya Miliaran

Jakarta - Masyarakat yang mempunyai penghasilan pas-pasan sangat sulit mencari rumah dengan harga terjangkau di pameran Real Estat Ekspo 2013. Pameran yang berlangsung 5-13 Oktober 2013 di Hall A JCC, Senayan, Jakarta lebih banyak menawarkan rumah-rumah komersial dengan harga miliaran rupiah.

"Sulit untuk saya bisa menemukan rumah dengan harga yang sesuai dengan pendapatan saya sebagai karyawan swasta," kata Anton Wijaya salah satu pengunjung pameran kepada detikFinance di lokasi, Jumat (11/10/2013).


Anton yang bekerja sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan ekspor impor nasional mengaku harga setiap jenis hunian landed house atau apartemen pada pameran ini tergolong sangat mahal. "Ini harganya miliaran rupiah semua, paling murah Rp 600 juta," imbuhnya.


Anton sengaja datang ke tempat ini untuk mencari dan membeli hunian seharga Rp 200-300 juta. Ternyata setelah berkeliling dan bertanya ke beberapa stand, harga-harga rumah yang ditawarkan tak cocok dengan kantongnya.


"Hanya 1 yang murah tadi, apartemen Bekasi City harga Rp 200 juta dengan tipe studio atau ukuran 25,31 m2 dan lebar 22,01 m2. Yang lain harganya Rp 600 juta sampai Rp 5 miliar," keluhnya.


Misalnya perumahan Raffles Hills di Cibubur harga per unitnya dijual antara Rp 1- Rp 6 miliar. Sedangkan Jababeka Residence juga menjual rumah dengan harga berkisar Rp 600 juta- Rp 2,6 miliar. Sedangkan untuk apartemen juga dijual cukup mahal, harganya berkisar antara Rp 650 juta hingga Rp 950 juta.


Pameran ini terlihat sepi pengunjung, hanya ada beberapa pengunjung melintas dan sekedar bertanya harga produk ke beberapa pengembang. "Sepi ya hari ini mungkin hari kerja juga ya," ungkap Marketing Raffles Hills Cibubur Johan.Next


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!